E-Commerce
Pengertian E-Commerce
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui
sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
Sejarah Singkat Perkembangan E-Commerce
Tahun 1962, Licklider melakukan penelitian mengenai konsep networking. Pada tahun 1962 dari MIT dan riset, Lawrence G. Robert juga melakukan penelitian mengenai internet yang dilahirkan dari riset pemerintah AS yang pada awalnya hanya untuk kalangan teknis dilembaga pemerintahan, ilmuan dan penelitian akademis. Pada tahun 1970, muncul Electronic Fund Transfer (EFT) yang aplikasinya saat itu terbatas hanya pada perusahaan-perusahaan terkenal. Selanjutnya Electronic Data Interchange (EDI) berkembang dari transaksi keuangan ke pemprosesan transaksi lain serta jumlah perusahaan yang berperan bertambah. Perkembangan teknologi yang sangat pesat ada era 90-an, memunculan aplikasi e-commerce dari berbagai perusahaan sehingga terjadi komersialisasi internet dan pertumbuhan perusahaan dot-coms, atau internet start-ups yang semakin menjamur.
Contoh-contoh E-Commerce
* Belanja Online
Membeli dan menjual barang di internet adalah salah satu contoh paling populer darijeldapat mencari dan membeli produk dengan klik mouse. Contoh populer untuk tempat
belanja secara online adalah amazon.com.
*Internet Banking
Sekarang ini sangat memungkinkan bagi kita untuk melakukan keseluruhan transaksiperbankan tanpa harus beranjak dari kursi rumah kita mengunjungi cabang bank terdekat.
Keterhubungan antara website dengan rekenging bank, dan dengan kartu kredit merupakanpokok utama dalam e-commerce.
*Tiket Online
Tiket pesawat terbang, tiket film, tiket kereta api, tiket pertunjukan musik, tiketpertandingan olahraga, tiket konser musik, dan hampir semua jenis tiket dapat dipesan secara
online. Membeli tiket secara online menjadikan kita tidak harus capek mengantri di depan loket penjualan tiket.Hal inilah yang membuat e-commerce menjadi alternatif baru dalam dunia bisnis. Terlepas dari itu semua e-commerce menawarkan kemudahan tetapi tidak rentan dalam upaya
kejahatan yang terjadi di dunia maya.
Manfaat E-Commerce
Manfaat dari digunakannya e-commerce ini adalah dapat menekan biaya barang danjasa, serta dapat meningkatkan kepuasan konsumen sepanjang yang menyangkut kecepatan
untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan kualitas yang terbaik sesuai dengan harganya. Order cycle sebuah bisnis yang tadinya memakan waktu 30 hari, waktunya bisa
dipercepat yakni bisa 5 hari saja. Proses yang cepat tentunya akan meningkatkan pendapatan, berbelanja atau melakukan transaksi perdagangan di dunia maya. Dengan e-commerce memungkinkan kita
bertransaksi dengan cepat dan biaya yang murah tanpa melalui proses yang berbelit-belit, dimana pihak pembeli cukup mengakses internet ke website perusahaan yang megiklankan
produknya di internet, yang kemudian pihak pembeli cukup memelajari term of condition (ketentuan-ketentuan yang diisyaratkan) pihak penjual.
Sumber:
- Slide Pertemuan 13 SIM- STMIK Bina Insani
- https://www.academia.edu/30511214/MAKALAH_TENTANG_E-COMMERCE
Komentar
Posting Komentar