Faktor-Faktor
Penyebab Peningkatan Perhatian Pada Bidang Manajemen Informasi
1. Kompleksitas
kegiatan bisnis
a. Pengaruh
ekonomi internasional
b. Persaingan
dunia
c. Meningkatnya
kerumitan teknologi
d. Batas
waktu yang semakin singkat
e. Kendala-kendala
social
2. Kemampuan
komputer yang semakin baik
1. Kompleksitas Kegiatan Bisnis yang Meningkat
• Bisnis
memang selalu kompleks, tetapi sekarang ini lebih kompleks daripada waktu-waktu
sebelumnya.
• Semua
perusahaan terkena pengaruh ekonomi internasional dan bersaing dalam pasar
dunia sehingga batas waktu untuk bertindak semakin singkat, teknologi bisnis
menjadi semakin kompleks dan ada pula kendala-kendala sosial yang harus
dihadapi.
a. Pengaruh Ekonomi
Internasional
• Perusahaan-perusahaan
besar maupun kecil, baik langsung maupun tidak langsung, semua terkena pengaruh
ekonomi yang dapat bersumber dari bagian dunia manapun.
• Hal
ini dapat dilihat pada pengaruh nilai dollar US dalam perbandingannya dengan
nilai mata uang asing yang mempunyai keseimbangan ekspor dan impor.
b. Persaingan Dunia
• Perusahaan-perusahaan
tidak lagi bersaing dalam wilayah geografisnya sendiri (nasional) melainkan
terjadi persaingan skala dunia (internasional).
• Kebanyakan
penduduk / konsumen dari suatu negara akan lebih menyukai produk dari dari
negara-negara lain.
• Oleh
karena itu, untuk memenangi pangsa pasar lokal maka perusahaan lokal harus
mampu menciptakan produk yang mampu bersaing dengan produk dari luar negeri.
c. Meningkatnya Kerumitan
Teknologi
• Banyak
teknologi yang semakin berkembang yang dapat dilihat, seperti barcode scanners
di pasar swalayan, mesin ATM, sistem pemesanan penerbangan online, robot-robot
pabrik dan peralatan otomatis penangan / penyimpanan produk.
• Perusahaan-perusahaan
melakukan investasi pada teknologi-teknologi ini supaya mereka dapat
melaksanakan operasi-operasi yang diperlukan dan pada akhirnya mampu
meningkatkan keuntungan.
d. Batas Waktu yang Semakin
Singkat
• Saat
ini, dengan dukungan teknologi yang ada, semua tahap operasi bisnis mampu
dilaksanakan secara lebih cepat daripada sebelumnya.
• Para
wiraniaga melakukan pemasaran melalui telepon (telemarketing) untuk menghubungi
para pelanggan dalam hitungan beberapa detik.
• Perintah
penjualan dikirim secara elektronik dari satu komputer ke komputer yang lain.
• Pengiriman
pesanan di sampaikan pada hari itu juga.
e. Kendala-Kendala Sosial
• Keputusan-keputusan
bisnis tidak hanya didasarkan pada faktor-faktor ekonomis guna mengurangi biaya
produksi dan menambah keuntungan yang didapat, tetapi juga harus dipertimbangkan
biaya sosial yang terjadi.
• Adanya
ketidaksenangan dari masyarakat / konsumen yang tidak menginginkan adanya
produk atau jasa tertentu merupakan kendala sosial yang harus dipertimbangkan
oleh manajemen.
2. Kemampuan Komputer yang
Semakin Baik
• Komputer
generasi pertama mempunyai ukuran yang sangat besar dan hanya boleh digunakan
oleh para spesialis komputer perusahaan. User lainnya tidak tahu cara
menggunakan komputer dan takut untuk belajar.
• Tetapi
saat ini, ukuran komputer sudah lebih kecil bahkan dapat dibawa kemana-mana
dengan mudah. Semua user, bahkan siswa sekolah dasar, sudah diajarkan mengenai
pengetahuan komputer.
sumber :
SIM-02-MANAJEMEN INFORMASI
Komentar
Posting Komentar